Ads 468x60px

Halte Bus Transjakarta Manfaatkan Tenaga Matahari



JAKARTA— Isu hemat energi memanfaatkan teknologi ramah lingkungan diadopsi halte bus Transjakarta.
Halte bus Transjakarta  Polda Metro Jaya yang baru diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi menjadi halte pertama yang dipasang program aplikasi teknologi hemat energi memanfaatkan tenaga matahari.

"Iya dicoba dulu di halte sini, dari solar cell ke listrik penggunaannya. Saya mau lihat kalau sudah benar dan dikoreksi sempurna baru akan diperluas ke tempat lain seperti terminal dan pasar," ujar Jokowi, Senin (2/9).

Untuk evaluasinya sendiri, Jokowi melanjutkan, akan cukup memakan waktu. Karena dalam perhitungan harus dengan benar dan tepat. "Evaluasi sekitar 1-2 bulan. Nanti dilihat mana yang kurang, baru akan dikoreksi dan ditambah," tukasnya.

Jokowi menambahkan, halte Polda Metro Jaya sebagai pilot project, tetapi belum sempurna. Sebab penggunaan teknologi matahari ini baru bisa dipakai saat siang hari.
"Ini hanya bisa digunakan siang, malam tetap pakai listrik PLN. Karena tidak ada penyimpanan baterainya," kata Jokowi.

Belum adanya penyimpanan baterai karena pertimbangan keamanan. "Karena kalau membuat penyimpanan baterai di sini ada bahayanya. Ini kan untuk umum," tandasnya.

Managing Director PT Eco Energi Persada (EEP), Bernadus Djonoputro menuturkan, program aplikasi hemat energi tersebut diharapkan bisa melakukan penghematan pemakaian listrik yang signifikan.

"Lebih hemat listrik 85 persen. Penggunaan lampu LED juga sudah dipasang di halte Pejaten, Jakarta Selatan," imbuhnya.

1 comment:

 

Banner Ads